6 Tips “Survive” Saat Liburan ke Lombok

Tak seperti Bali, Lombok merupakan salah satu destinasi di Indonesia yang kerap diincar banyak turis karena suasananya yang masih tenang, sepi, dan alami. Kendati hanya berjarak beberapa jam saja dari Bali (jika menggunakan jalur laut), Lombok memiliki lanskap dan suasanya yang mungkin bisa dibilang sedikit bertolak belakang dengan Bali. Nah, agar tak salah strategi dalam “menghadapi” indahnya pesona alam Lombok, berikut tips jitu agar kamu bisa “survive” selagi berplesiran ke Lombok.

1. Sewa kendaraan

Karakternya yang berbeda dengan Bali membuat perjalanan di Lombok akan terasa lebih nyaman jika kamu memanfaatkan layanan sewa kendaraan yang biasanya juga dilengkapi dengan pemandu wisata. Jangan kaget, harganya memang sedikit lebih mahal dari Bali, namun percayalah, mengandalkan transportasi umum di Lombok justru akan menyulitkan perjalanan kamu.

2. Selalu siap sedia uang tunai

Meski saat ini eranya serba cashless, liburan di Lombok hal itu bisa jadi kurang tepat. Di beberapa spot wisata Lombok cukup jarang ditemui mesin ATM, begitu pula dengan beberapa kedai dan layanan publik tidak begitu banyak pula yang menyediakan mesin EDC (alat gesek kartu). Jadi ada baiknya kamu menyimpan uang tunai sebagai modal jalan-jalan kamu di sana, entah itu untuk akomodasi, maupun menikmati hiburan di sana.

3. Jangan lupa bawa sunblock, topi, dan kacamata hitam

Semua tentu tahu, wisata andalan di Lombok adalah barisan pantainya yang memukau, eksotis, dan panas! Pilihan destinasi di Lombok terbaik seperti pulau Gili Nanggu, Gili Trawangan, Pantai Sekotong, Pantai Senggigi, Pink Beach, Tanjung Aan, Tanjung Ringgit, dan masih banyak lagi yang tentu merupakan lokasi ruang terbuka. Menikmati paparan sinar matahari memang seru, namun ada baiknya kamu memiliki bekal untuk proteksi kulit dari sinar matahari yang menyengat.

4. Berpakaian yang sopan

Kembali bertolak belakang dengan Bali, penduduk asli Lombok adalah keturunan suku Sasak, di mana suku ini mayoritas memeluk agama Islam. Seperti wilayah lainnya yang didominasi muslim, menjaga norma sosial di masyarakat adalah suatu keharusan, untuk itu sebagai turis ada baiknya untuk coba ikut menghormati dengan memakai pakaian yang tak harus tertutup namun sopan di mata masyarakat.

5. Cari hiburan malam di pantai bukan di tengah kota

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa meninggalkan hiburan malam, di Lombok umumnya hiburan malam hanya tersedia di wilayah sekitaran pantai. Jangan harap kamu menemukan keriaan di tengah kota (Mataram). Biasanya kehidupan di tengah kota ini sudah mulai meredup pada pukul 8 malam. Gili Trawangan adalah lokasi terbaik untuk menikmati hiburan malam bagi turis, maka dari itu pastikan kamu menyeberang ke pulau Gili Trawangan dari siang atau sore hari dan cari penginapan untuk bermalam di sana.

6. Cari penginapan yang murah dan berkualitas

Ini dia tips yang jangan sampai kamu lewatkan. Agar bisa “survive” di Lombok, pastikan cari penginapan yang nyaman dan hemat.

Sumber artikel: http://blog.airyrooms.com/2016/03/23/tips-survive-saat-liburan-ke-lombok/

Share