PASAR CHATUCHAK, SURGANYA BELANJA PARA WISATAWAN DI THAILAND

Siapa yang tidak ingin berwisata ke Thailand? Selain karena pesona budaya di negara tersebut, biaya hidup yang lebih rendah di Thailand membuat wisatawan menyerbu berbagai tempat belanja yang ada di sana. Mulai dari pasar tradisional yang banyak menjajakan kain sutra sampai department store dan mall yang menawarkan barang murah meriah untuk semakin menarik pembeli.

Namun di antara tempat tersebut, pasar tradisional di Bangkok tetap menduduki posisi teratas untuk belanja murah dan seru. Salah satu pasar yang menjadi primadona para wisatawan adalah Pasar Chatuchak. Tidak “sah” rasanya kalau datang ke Bangkok tanpa berbelanja di pasar ini.

Chatuchak yang diucap ‘Jatujak’, adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Pasar ini diperkirakan dikunjungi sekitar 400 ribu orang setiap weekend-nya (2 hari). Pasar Chatuchak hanya buka pada sabtu dan minggu yang dimulai sekitar pukul 08:00 sampai sekitar pukul 06:00 sore.

Penjual di pasar Chatuchak menawarkan beraneka barang dengan harga murah mulai dari pakaian, hewan, buku, tanaman, artefak, bahkan di sana juga tersedia seperti keramik, keranjang unik, barang antik, aneka dekorasi rumah, sepatu, kerajinan tangan, perhiasan perak hingga peralatan rumah tangga. Pokoknya serba lengkap! Tetapi kebersihan masih tetap dijaga di pasar Chatuchak ini sehingga belanja pun menjadi lebih nyaman.

Lokasi Pasar Chatuchak terletak di seberang utara terminal bus yang berada di sepanjang Phahonyothin. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan MRT, Skytrain, bus, Taksi (meski tidak dianjurkan), atau Tuk-Tuk. 

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin berbelanja di Chatuchak.

  • Jam buka resminya sekitar pukul 10 pagi, jadi sebaiknya kamu datang dari pagi sehingga di sana berlum terlalu ramai sekaligus mencoba sarapan di stand makanan yang sudah buka di sana.
  • Belanja di sini kamu harus pandai-pandai menawar. Kalau si penjual tidak juga mau menurunkan harga barang dagangannya, sebaiknya kamu coba saja pergi ke penjual yang lain karena barang sejenis yang kamu inginkan masih banyak di jual di stand yang lainnya.
  • Biasanya menjelang jam tutup, sebagian dari pedagang akan berpindah lokasi menjadi berjulaan di sekitar jalan utama, dan akan mendiskon barang-barangnya!
  • Jangan pergi belanja pada saat hujan dan jangan memakai sepatu favoritmu. Pakailah sepatu yang nyaman dipakai untuk perjalanan jauh karena mengelilingi pasar ini butuh waktu lama, lho!
  • Cari petugas yang membagikan peta gratisan untuk mempermudah berbelanja di sana karena pasar tersebut terbagi ke dalam beberapa area berdasarkan jenis barang yang dijual. Atau kamu bisa melakukan persiapan terlebih dahulu dengan mencetak sendiri peta pasar Chatuchak.
  • Waspada akan barang bawaan kamu, terutama dompet dan alat elektronik karena pencopet ada dimana-mana.
  • Pastikan kamu sudah menyiapkan uang bath terlebih dahulu.
  • Siapkan kalkulator untuk mempermudah transaksi dan proses tawar-menawar. Pada dasarnya barang-barang di sana sudah cenderung murah. Tapi tidak ada salahnya kan mencoba menurunkan harga hingga 20-40 bath.
  • Untuk kamu yang muslim tidak usah khawatir, karena di pasar Chatuchak banyak kok yang menjual makanan halal.
  • Bawa tas besar untuk menaruh barang belanjaanmu terlebih untuk kamu yang berniat belanja gila-gilaan.

Sumber artikel: http://his-travel.co.id/blog/article/detail/Pasar-Chatuchak-Thailand

Share